7 Keuntungan Krusial Investasi Emas

Emas Sebagai Investasi

Ketika penghasilan telah melebihi biaya kebutuhan hidup pokok anda beserta keluarga, maka investasi merupakan salah satu ide yang terlintas di benak anda. Investasi merupakan salah satu jalan untuk menyimpan atau menggandakan harta yang anda miliki. Hal ini jelas bermanfaat kelak bagi anda di masa depan atau untuk keturunan anda nantinya.

Selanjutnya, hal yang terpikirkan adalah bagaimana caranya berinvestasi? Apa yang harus dilakukan untuk menyimpan harta sekaligus memberikan potensi keuntungan di masa datang?

Jika sudah seperti demikian, maka investasi emas adalah hal yang paling mudah terbayang. Simpel, tak ribet, serta konsisten dalam kurun waktu yang cukup lama. Dan berikut ini keuntungan berinvestasi emas lainnya:

1. Emas sangat liquid. Jika dibandingkan dengan investasi yang lain seperti saham, forex, reksadana atau bentuk investasi properti, maka emas merupakan investasi yang paliung cair. Artinya adalah emas ini mudah dijual apabila kita membutuhkan dana untuk keperluan mendesak, misalnya saja biaya pengobatan, biaya pendidikan, atau biaya dadakan yang datangnya tak bisa diduga. Penjualannya pun mudah. Kita tinggal datang ke toko emas dan menjual sesuai dengan harga pasar. Selain dijuak emas juga mudah digadaikan ke bank-bank, atau kepada orang yang membutuhkan emas, saat itu juga kita akan mendapatkan uang cash yang bis kita pergunakan. Bandingkan dengan investasi saham atau properti yang tak bisa dijual dalam waktu singkat serta terdapat proses rumit didalamnya.

2. Emas tahan terhadap inflasi. Mari kita contohkan dengan ilustrasi, apabila kita membeli emas saat ini sebanyak 10 gram dengan asumsi nilai emas per gram Rp500.000, maka 10 tahun kemudian nilai emas kita kemungkinan besar akan mengikuti perubahan nilai. Emas kita yang tadinya senilai Rp500.000/gram bisa bertambah menjadi Rp800.000/gram dan bila kita cairkan semua, kita bisa mendapat Rp8.000.000. Bandingkan jika kita menyimpan uang di Bank. Misal kita simpan saat ini Rp5.000.000, maka apa yang terjadi 10 tahun kemudian? Yap, uang anda memang akan tetap berada di angka Rp5.000.000, namun apa yang bisa didapat dari uang 5juta, 10 tahun mendatang? Oleh karena itu, emas merupakan investasi yang tahan terhadap inflasi.

3. Emas bukan merupakan barang kena pajak. Ketentuan ini berdasarkan pada peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor 15/Pj/2011 Tentang Perubahan Atas Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor Per-57/PJ/2010 Per-57/Pj/2010, Tentang Tata Cara Dan Prosedur Pemungutan Pajak Penghasilan Pasal 22 Sehubungan Dengan Pembayaran Atas Penyerahan Barang Dan Kegiatan Di Bidang Impor Atau Kegiatan Usaha Di Bidang Lain. Arti dari pasal ini adalah berapapun jumlah serta berat emas yang kita punya maka tidak akan dikenakan pajak, karena emas dikategorikan sebagai komoditi produksi.

4. Emas akan melindungi kekayaan. Emas merupakan barang yang hampir selalu mengalami kenaikan harga setiap tahunnya. Walaupun beberapa kali mengalami penurunan juga. Namun berdasarkan data yang ada kenaikan harga emas selalu berada di atas rata-rata nilai inflasi. Kenaikan yang cenderung terjadi ini membuat kekayaan anda akan tahan mengikuti perkembangan finansial dunia.

5. Emas merupakan logam yang tidak berkarat. Oleh karena itu, emas awet disimpan berpuluh-puluh tahun lamanya. Emas berbeda dengan uang kertas atau surat berharga lainnya, yang bisa cepat lusuh, terobek, atau dimakan rayap, emas dalam penyimpanannya tidak memerlukan penanganan sepesial, karena sifatnya yang tak mengalami korosi (pengaratan). Satu-satunya hal yang kemudian harus diperhatikan dalam penyimpanan emas adalah keamanannya.

6. Emas bisa dijadikan jaminan. Hampir semua pihak mau menerima emas sebagai jaminan jika anda ingin meminjam uang cah. Andaikata pada suatu saat kita sangat membutuhkan modal atau biaya baik untuk tambahan modal untuk pengembangan usaha maka atau keprluan lainnya, maka emas dapat kita gadaikan atau agunkan untuk mendapatkan pinjaman berupa uang tunai. Selanjutnya emas dapat dengan mudah ditebus kemblai usai kita menyelesaikan pembayaran cicilan.

7. Emas bisa dijadikan alat kecantikan. Mungkin bagi lelaki, emas bukan merupakan sesuatu yang sepatutnya dikenakan sehari-hari, tapi bagi pasangan anda, emas bisa menaikkan derajat serta membuat penampilan semakin kece.

Demikianlah kelebihan emas sebagai baran investasi. Bagaimana, anda tertarik membeli emas sekarang?